Warga Jakarta dan Sekitarnya Berbondong-Bondong Menuju Luar Jabodetabek untuk Liburan

Seperti biasa, di kala long weekend tersedia, warga DKI Jakarta selalu menyerbu wilayah Jawa Barat untuk berlibur. Akhirnya, volume lalu lintas (lalin) di sejumlah ruas tol alami peningkatan jelang libur Isra Mikraj, atau tepatnya pada Jumat hingga Sabtu (25—26 Februari 2022) kemarin.

Berdasarkan data PT Jasa Marga (Persero), sebanyak 347.711 kendaraan terpantau meninggalkan wilayah Jabodetabek dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama.

Di antaranya GT Cikupa menuju arah Merak, GT Ciawi menuju arah Puncak, GT Cikampek Utama menuju arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama menuju arah Bandung.

Dikutip dari GridOto.com, “Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 27,12 persen, jika dibandingkan lalin normal periode Februari 2022 dengan total 273.539 kendaraan,” ujar Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga dalam keterangan resminya, Minggu (27/2/2022).

Adapun distribusi lalin yang meninggalkan Jabodetabek, mayoritas menuju arah Timur atau Tol Trans Jawa dan Bandung dengan 172.947 kendaraan.

Dengan rincian sebanyak 91.099 kendaraan menuju Tol Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta—Cikampek, naik sebesar 48,57 persen dari lalin normal.

Sisanya yakni sebanyak 81.848 kendaraan menuju ke arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, naik 35,61 persen dari lalin normal.

“Total kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung naik sebesar 42,14 persen dari lalin normal,” papar Heru.

Kemudian lalu lintas yang meninggalkan Jabodetabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa sebanyak 90.894 kendaraan, terjadi kenaikan sebesar 4,04 persen dari lalin normal.

 Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 88.870 kendaraan.

“Terjadi penurunan sebesar 7,3 persen dari lalin normal,” tutur Heru lagi.

Lebih lanjut, Heru pun mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki tol dan mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area.

Pastikan juga BBM dan saldo uang elektronik cukup, patuhi rambu-rambu dan arahan petugas, serta istirahat jika lelah berkendara.

“Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android,” tutupnya.