Jalan Bypass Kawasan Sirkuit Mandalika Dijebol Paksa

Sejumlah warga Dusun Songgong, Desa Sukadana, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), kabarnya baru saja menjebol jalan bypass menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada Jumat (10/12/2021) lalu. Penjebolan jalan bypass tersebut dilakukan menggunakan alat berat oleh sejumlah warga.

Cukup disayangkan penjebolan jalan ini bisa terjadi karena jalan bypass menuju KEK Mandalika ini umurnya masih bisa dikatakan cukup baru. Meski baru saja dijebol warga, untungnya masih ada satu lajur jalan bypass yang bisa digunakan kendaraan untuk akses dari arah Kuta ke Awang dan sebaliknya.

Lantas, apa alasan warga menjebol jalan bypass menuju KEK Mandalika itu?

Mengutip Tribunlombok.com, alasan dari perilaku vandalisme ini dilakukan karena para warga khawatir kalau rumah warga di Dusun Songgong bisa terendam banjir karena keberadaan jalan bypass itu.

Pasalnya, sudah ada sejumlah rumah warga Dusun Songgong yang terendam banjir lantaran hujan yang mengguyur pada Jumat (10/12/2021) lalu.

Luapan air tersebut ternyata tidak bisa surut dengan cepat lantaran terhalang selokan yang menyempit di jalan bypass KEK Mandalika.

Terkait insiden ini, Kepala Desa Sukadana, Syukur pun mencoba memberikan penjelasan.

Ia menuturkan kalau jalan bypass KEK Mandalika itu tidak dirusak secara langsung oleh warga.

“Bukan dilakukan warga, karena harus pakai alat berat. Warga jelas enggak punya alatnya. Tapi orang-orang proyek ada alatnya, makanya dipakai agar rumah warga tidak tenggelam karena banjir,” jelasnya, dikuip dari Tribunlombok.com.

Ia melanjutkan, orang-orang proyek ini terpaksa menjebol jalan bypass KEK Mandalika mengingat saluran airnya tidak terlalu besar.

Atas insiden tersebut, Pemerintah Desa Sukadana pun turun ke lokasi dan mendata warga yang terdampak banjir.

Berkaca dari insiden ini, Pemerintah Desa Sukadana berharap agar selokan di jalan bypass KEK Mandalika bisa diperbesar agar rumah warga tidak terendam banjir.